Nomaden

Saya, gadis berusia 19 tahun, yang sudah mencicipi banyak kota. Seumur hidup saya, sampai hari ini, saya tidur di banyak tempat, dengan berbagai orang dengan karakternya masing-masing.

Saya lahir di Bogor, sebuah kota di Jawa Barat. Kota Hujan kata mereka. Kota ini merupakan kampung ibu saya, beliau hidup dan besar di sini walaupun lahir di Purwakarta. Saya tidak ingat seperti apa rasanya tinggal di kota ini. Saya menghabiskan hidup saya di kota ini ketika saya belum mampu merekam memori.
Bendungan Hilir, alias Benhil. Suatu daerah di entah-Jakarta-mana saya tak hafal. Saya juga tidak ingat seperti apa rasanya jadi ‘anak Jakarta’. Lagi-lagi karena saya belum mampu merekam memori kala itu.
Kota ketiga saya adalah Bekasi. Perumnas III Bekasi Timur tepatnya. Di daerah ini ayah saya membeli rumah pertamanya. Saya mulai mampu merekam memori kala ini. Saya mulai bersekolah di sebuah TK Islam bernama Bahrul Ulum. 2 tahun yg menyenangkan belajar di sana. Saya juga mengikuti TPA yg ada di TK dan mengikuti les menari di dekat rumah. Hingga saya masuk ke SD Nusantara alias SDN Aren Jaya XVII. Sayang, tak banyak yg bisa saya ceritakan. Karena begitu naik kelas 2 SD, saya hengkang dari sini.
2001. Medan, Sumatera Utara. Kota saya yg ke-4. Saya menjalani 6 tahun di sini. Kelas 2 sampai kelas 8. Bisa dibilang, saya mengalami awal puber di kota ini. Mulai naksir-naksiran, kenal cowo, pacaran, main ke mal sm temen. Hahaha. Rasanya oon banget kalo diinget-inget lagi.
2007. Makassar, Sulawesi Selatan. It was a hard time. Kelas 9 adalah masa sekolah yg bisa dibilang paling saya benci. Bersamaan dengan tahun pertama saya di kota ini. Kota ini, adalah tempat yg paling sulit saya ‘taklukkan’. Tahun pertama, kelas 9, usaha adaptasi saya mendapat penolakan sana-sini. Usaha membaurkan diri tanpa diledek dan di-bully rasanya hampir-hampir menghasilkan nol. Entah berapa banyak air mata dan amarah tersimpan selama tahun itu. Masuk SMA, things were better, but not greater. Bahkan saya berkonflik dengan senior. 2 tahun di kota ini rasanya benar-benar penuh masalah. Haha. Tapi kota ini menguatkan saya. Memberikan saya banyak pelajaran. Sekaligus mengubah karakter saya. Haha.
2009. Semarang, Jawa Tengah. So far, it’s the best city I’ve ever lived in. Tahun pertama saya di sini jauuuuuuuuhh lebih mudah dan ringan dibandingkan tahun pertama di kota sebelumnya. Yah walaupun adegan <
dibully masih ada, tapi paling tidak, tak banyak air mata yg saya buang karena amarah. Tahun kedua adalah yg terbaik! Di kelas 12 ini saya baru benar-benar membuktikan dan merasakan apa yg kata mereka ‘SMA itu masa paling indah’. Hanya satu tahun. Tapi membekas dalam. Penuh kenangan.
2011. Selesai sudah masa pendidikan ‘berseragam’ saya. Waktunya memasuki dunia pendidikan baru ‘tanpa seragam’, kuliah. Saya berkeras ingin kuliah di luar Semarang. Pilihan jatuh di tanah Sunda. IPB, dan Unpad. Akhirnya saya diterima di Unpad yg, sayangnya, ternyata agak meleset dari ekspektasi awal saya. Ada beberapa mimpi & cita-cita saya yg tertunda karena ini. Semoga, setelah saya lulus, saya bisa mengejar dan meraihnya kembali, dengan lebih baik. Amin.

Kehidupan seperti ini sama seperti semua hal lain yg mempunyai dua sisi. Baik dan buruk.
Baiknya adalah, saya bisa jalan-jalan. Mengenal banyak karakter lain. Membangun pertemanan yg luas. Dan di satu sisi hal ini menjadikan saya lebih kuat dan rendah hati. Latihan beradaptasi. Karena orang ‘baru’ yg tinggi hati tidak akan diterima. Paling tidak, sulit diterima.
Buruknya, saya agak sulit melakukan positioning diri sendiri. Ketika saya mulai membangun relasi dan positioning di satu kota, hampir mantap, ternyata kenyataan dan takdir membawa dan mengharuskan saya pindah ke kota lain yg otomatis, membuat saya harus mengulang dan memulai dari nol lagi.

Ya, beginilah anak nomaden.

One comment

Leave a Reply

