Belatedly Realized

“Kamu kenapa sih jadi dingin ke aku? Jutek gitu kesannya,” tanya Ranin.

“Perasaan kamu aja kali. Orang aku biasa aja kok,” jawab Satrio.

“Oh… Yaudah. Kita langsung pulang nih?”

Satrio hanya menjawab dengan anggukan kecil. Ranin berjalan menyejajari Satrio. Mereka sedang menunggu lalu lintas menyepi agar bisa menyeberang ke parkiran. Kebetulan, Ranin berada di sisi kanan Satrio. Satrio kenapa ngga pindah ngalangin gue? batinnya. Di tengah perjalanan menyeberang, mereka menunggu lalu lintas dari arah kiri mereka menyepi. Ranin mendekati Satrio dan menggamit lengannya, tetapi Satrio malah menjauh dari Ranin, memberi jarak. Ranin melepas gamitannya di lengan Satrio dan lanjut berjalan sendirian, bingung.

Di atas motor, sepanjang perjalanan pulang dari taman, mereka sama-sama diam. Ranin beberapa kali mengajak Satrio mengobrol dan memulai dengan pertanyaan-pertanyaan. Tetapi jawaban yang didapatnya dari Satrio sangat singkat. Ranin pun diam dan tidak melanjutkan pembicaraan. Kondisi itu berlangsung sampai mereka tiba di rumah Ranin.

“Aku langsungan. Besok kerja masuk pagi,” jawab Satrio tanpa melepas helm, mematikan motor, atau bahkan sekedar melepas tangannya dari gas tangan.

Ranin hanya mengangguk dan menjawab salam Satrio sambil memandangi punggung Satrio menghilang di kejauhan. Ia pun berbalik dan berjalan masuk ke rumahnya sambil membatin, Emang sejak kapan lo kerja masuk siang? Alesan aja.

***

Beberapa hari kemudian, malam Minggu…

To: Satrio

Temenin nonton Sharpest Tongue di GOR Dandelion yuk.

Ranin mengirim pesan singkat untuk Satrio. Setelah ia menyentuh ikon ‘send’, ia melempar ponselnya ke ranjang dan mengambil handuk, berniat mandi dan siap-siap. Antisipasi jika tiba-tiba Satrio sudah di depan rumah tanpa membalas pesannya terlebih dahulu. Ranin paham betul kebiasaan Satrio.

From: Satrio

Ga bisa, Ran. Ada urusan yg ngga bisa ditinggal.

Pesan itu masuk sesaat setelah Ranin keluar dari kamar mandi. Ranin hanya bisa menghela nafas kecewa dan kembali melempar ponselnya ke ranjang seraya ia berjalan menuju lemari. Memutuskan tetap berangkat dan menonton band favoritnya tersebut sendiri. Toh ia kenal dengan personilnya yang juga seniornya di kampus.

Sesampainya di GOR, orang-orang sudah memenuhi pintu masuk GOR, mengantri untuk bisa masuk. Ranin mengirim pesan singkat pada Hilman, vokalis merangkap gitaris di Sharpest Tongue, sambil berdiri tak jauh dari pintu masuk GOR.

“Ranin!” Hilman berteriak memanggil namanya dari kejauhan sambil berlari-lari kecil. “Udah lama?”

“Belom kok. Hehe. Gilaaaaa, eksis banget ya band lo sampe pada rela antri bejubel begini. Haha,” ujar Ranin sambil tertawa kecil.

“Ah lo kalo ngga kenal gue juga pasti jadi bagian dari mereka kok. Hahaha. Udah yuk, masuk. Kita mah lewat jalur khusus talent aja. Hehe,” ujar Hilman sambil menarik tangan Ranin sampai ia hampir menjatuhkan ponselnya.

“Pelan-pelan woi! Hape gue mau jatoh nih.”

Hilman berbalik menghadap Ranin panik, dan kemudian tertawa melihat Ranin memelototinya garang.

Sambil menunggu Hilman dan teman-temannya naik panggung, Ranin mengobrol dengan beberapa personil dan kru lain. Kemudian saat mereka bersiap naik panggung, Ranin berdiri dan memerhatikan teman-temannya sibuk memasang alat-alat di panggung. Bosan, Ranin mengambil ponselnya dan membuka Twitter, sebuah situs microblogging. Persis saat dia masuk ke aplikasi tersebut, ada tweet dari Satrio. Isinya adalah keterangan bahwa dia baru saja ‘check in’, di sebuah tempat karaoke.

—- Mari nyanyiii! (@ HappyTime Karaoke w/ 4 others) —-

“Oh jadi dia boong?!” gumam Ranin.

“Kenapa, Ran?” tanya Hilman yang tiba-tiba sudah berdiri di samping Ranin.

Ranin kaget dan langsung menoleh ke arah Hilman. “Ini si Satrio. Tadi gue ajak ke sini katanya ada urusan ngga bisa ditinggal. Gue kirain lembur apa urusan kerjaan gitu. Taunya dia check in di HappyTime nih, karaokean sama temen-temennya. Kenapa dia ngga jujur aja sih ke gue? Kalo dia bilang ‘mau karaoke sama temen-temen’ juga gue ngerti kok, ngga akan maksa dia juga.”

Hilman terdiam sebentar, terlihat sedang berpikir. “Gue ngga kenal banget sih sama Satrio. Tapi dari yang sering lo ceritain ke gue, gue nangkepnya dia kaya ngindar dari lo gitu deh, Ran.”

“NAH!!!” Ranin menimpali dengan semangat, merasa ada yang sepikiran dengannya. “Gue juga mikirnya gitu, Man. Kenapa ya? Iya sih kita udah putus lama. Tapi gue nganggepnya dia masih temen gue, sahabat gue. Tapi emang akhir-akhir ini dia dingin sih ke gue. Apa gue mulai berlebihan ke dia ya? Tapi gue ngga bisa kalo ngga ada dia, Man. Dua taun ditemenin terus, kalo mendadak dia pergi gimana sih rasanya? Ada yang ilang gitu.”

“Lo harus bisalah. Pelan-pelan dilepasin, direlain. Kalo ketergantungan malah lo yang repot ntar,” saran Hilman.

He’s just sooooo f***in’ addictive,” jawab Ranin menghela napas, memasukkan ponselnya ke kantong, dan kemudian menepuk lengan Hilman. Menyemangati Hilman yang akan naik panggung.

***

Parakeet Coffeeshop. Minggu, 20:46.

“Aku mau tanya. Kali ini beneran. Kenapa sih kamu jadi dingin ke aku? Udah sebulan loh kamu kaya gini. Aku salah apa? Paling salahku cuma gangguin kamu doang. Minta temenin ke mana-mana. Selain itu apa? Jawablah, Sat. Ngga enak tau di’dingin’in sama orang. Sedih,” cerocos Ranin meminta penjelasan pada Satrio yang duduk di seberang meja.

“Kamu tu kayak anak kecil. Suka salah nangkep apa yang aku omongin, sok paham, sok tau. Kayak pas kemaren kamu ngajak aku ke Dandelion,” jawab Satrio.

“Lah, itu mah kamu aja kenapa ngga jujur? Apa susahnya tinggal bilang ‘mau karaoke’ ke aku. Toh aku juga ngga akan maksa sampe kamu harus batalin karaokean kok,” bantah Ranin.

“Tapi aku ngga salah kan bilang ngga bisa ditinggal?” tanya Satrio.

“I..iya engga sih. Tapi kenapa ngga ngomong langsung aja coba?”

“Soalnya aku pengen tau reaksi kamu. And just like what I expected, kamu mencak-mencak kan.”

Ranin terdiam. Berpikir apa dirinya memang bersikap kekanakan. Sampai di satu titik, Ranin percaya bahwa dirinya masih kekanakan.

***

Kantin kampus. Senin, 12:15.

“Emang gue masih childish banget ya, Man?” tanya Ranin.

Hilman menaikkan alisnya sebelah. Bingung dengan pertanyaan Ranin. “Lo baru dateng, duduk tiba-tiba di depan gue, terus lo nanya begitu. Kenapa sih?”

Ranin pun menceritakan percakapannya dengan Satrio di Parakeet Coffeeshop kemarin. Ranin bercerita dengan nada sendu. Tampak bahwa dia sangat sedih dengan pernyataan-pernyataan Satrio.

“Sampe gue sampe di satu titik di mana gue percaya sama omongan dia. Gue childish, Man,” tutup Ranin mengakhiri ceritanya dan menghela nafas dalam, tertunduk sedih.

Hilman baru saja membuka mulutnya sedikit untuk menanggapi cerita Ranin barusan, tapi terpotong oleh Ranin yang kemudian bicara lagi, “Gue pengen bisa jadi lebih dewasa. Paling ngga di mata dia. Bisa ngga sih besok gue udah jadi lebih dewasa, dan pantes buat dia, terus bisa balikan lagi?”

Kali ini Hilman tertegun melihat Ranin bicara seperti itu dengan mata berkaca-kaca, nyaris menangis. Hilman menggeser bangkunya mendekat pada Ranin dan duduk di sampingnya. “Ran, dewasa itu kan proses. Lagian kata gue mah relatif juga. Sama kayak orang menilai orang ganteng atau cantik. Tergantung preferensi dan selera masing-masing orang kan. Kata gue mah lo udah cukup dewasa kok. Panteslah buat umur 20 mah. Ngga anak-anak banget, tapi ya belum dewasa sepenuhnya juga. Proseslah, Ran. Nanti juga akan ada waktunya kok di mana lo bener-bener dewasa, utuh. Yang kata gue belum dewasa dari lo itu kontrol emosi, Ran. Kadang emosi lo masih suka meledak-ledak. Tapi ya balik lagi, buat ngelatih dan bisa ngontrol emosi kan lo butuh waktu, ada prosesnya. Ngga bisa instan. Emang mie tinggal masukin ke air mendidih terus mateng.”

Ranin masih tertunduk dan mendengarkan penuh penghayatan pada apa yang dikatakan Hilman sembari menikmati usapan lembut dari Hilman di kepalanya. Mereka sama-sama terdiam untuk beberapa menit. Dan Hilman sama sekali tidak menghentikan usapan tangannya di kepala Ranin.

“Jangan nangis, Ran. Ngga apa-apa sih, sekedar buat ngelepasin emosi negatif. Tapi jangan lama-lama dan keterusan. Ngga pantes aja lo nangis buat orang yang ngga peduli sama sekali sama lo. Lo masih punya gue, anak-anak Sharpest Tongue, temen-temen lo di kelas. Kita semua sayang kok sama lo. Kan kata peribahasa juga mati satu tumbuh seribu,” ujar Hilman berusaha menguatkan Ranin.

“Engga kok. Tadi gue tiba-tiba melankolis aja. Haha. Drama banget ya?” sahut Ranin menegakkan kepala dan mengelap ujung kedua matanya, dan memberikan cengiran lebar pada Hilman.

“Lagian nih ya, kalopun lo balikan sama Satrio, udah tau dianya begitu. Kalo lo maksain jadi dewasa cuma buat dia, nih ya gue kasih tau. Bisa aja kedewasaan lo ngga bertahan lama. Soalnya instan dan cuma dewasa dalam versi Satrio. Lagian lo jadi kayak punya fake personality nanti. Lagian buat apa coba, lo maksain pacaran sama orang yang ngga bisa nerima lo apa adanya. Kayak Bogor kurang stok cowok jomblo aja. Hahahaha.”

Mereka berdua tertawa keras. Nyaris terbahak-bahak. “Iya bener, termasuk lo ya, jomblo. Hahaha. Anyway, gue baru banget realize, barusan banget. Telat sih.  Tapi setelah gue nginget-nginget semua yang pernah terjadi setelah gue putus sama Satrio, gue sampe pada satu kesimpulan.”

“Apaan?”

“ Gue sama dia kayaknya emang ngga cocok. Blas. Sama sekali. Dan lagi, ada cowok jomblo ini kok di depan gue. Lebih ganteng dan lebih keren dari Satrio pula. Plus, lebih tinggi.”

Ada cengiran jahil dan tersanjung tersungging di wajah Hilman. Begitupun cengiran jahil dan genit di wajah Ranin.

2 comments

  1. kisah sendiri kah? kalo bener,
    aku juga sering muring-muring ke pacar sih. gara-gara pacar gak ada kabar, sms gak dibales. sepele sih sebenernya. dan yaa aku akuin aku juga masih kekanakan, pengennya diperhatiin terus sama pacar.hehe

    tapi dibalik itu, sebagai cewek sih, mungkin cewek kebanyakan kenapa kita “marah-marah” cuma pengen dia selalu perhatian ke kita, tau maksud kita. but namanya cowok, beda sama kita. jadi apa yang kita lakuin bisa-bisa salah buat mereka. hehe

    ayuk sama-sama belajar buat dewasa! 😀
    heheh

    salam kenal ^^

    1. Semacam.. tapi dicampur fiksi kok. Ngayal-ngayal juga. Hehe. Iya, nemuin jalan tengah antara Mars sama Venus itu emang ngga gampang ya? Ada ngga sih jembatannya? *sigh

      Aamiin. InsyaAllah kita bakal tambah dewasa. Hihi.

      Salam kenal jugaaa :]

Leave a Reply

