Genre-genrean

Tiga hari yg lalu…(lama amet, Tik -__-)…Mincut lagi bahas tentang genre musik favorit di twitter. Semua genre umum dibahas sama Mincut. Genre umum yg saya maksud itu ya dangdut, pop, rock, reggae, sama mellow (yg terakhir mah kayanya asli bikinan Mincut :D). Nah, bahasan ini menghidupkan kembali ide saya yg sudah tersimpan berhari-hari. Walaupun tetep baru sempet ditulis sekarang. (–,)

CHVRCHES

CHVRCHES

Okeh! Jadi, membahas musik itu sama kaya bahas harga sembako. Ngga akan ada beresnya. Hahahaha. Sebenernya saya ngga begitu demen dengan bahasan dan istilah ‘genre’. Kenapa? Karena saya ngga paham betul soal pengklasifikasian genre. Saya lebih suka membaginya menjadi ‘jedak-jeduk’ dan ‘menye-menye’ dan yg ada di tengah-tengah. Nah saya bingung yg di tengah-tengah ini mengistilahkannya gimana. Pfft.. #selftoyor

Kalo saya pribadi sih lebih suka dengan lagu-lagu dengan musik ‘jedak-jeduk’. Whatever its genre is. Mau punk, punk rock, post hardcore, emo, metal, death metal, pop punk, apalah saya ngga ngerti dan ngga hapal saking banyaknya, pokoknya kalo enak mah ya saya dengerin. Ngga semua sih, ada juga kok beberapa band yg mainin musik ‘jedak-jeduk’ tapi saya ngga dengerin. Mungkin, istilah yg lebih tepat dan representatif buat yg saya suka ini adalah alternative. Atau beberapa menyebutnya indie, ada juga yg bilang antimainstream. Dan karena inilah saya berani declare bahwa saya hipster :))) Bukan, bukan hipster jaman sekarang yang..entahlah..menurut saya malah ngga hipster. Agak upsidedown sih istilah sekarang ini. Baiklah, kalau begitu mari kita skip saja bahasan hipster ini.

Kembali ke genre musik… Kadang saking saya fokus dengan band-band alternative ini saya sampe ngga update sama sekali dengan musik-musik & lagu-lagu mainstream yg beredar. Yah, katakanlah yg berpatokan ke Billboard chart, radio chart, atau media-media mainstream lainnya. Sampe saya join ke salah satu radio kampus dan saya ‘dipaksa’ buat update (juga) dengan lagu-lagu ‘mainstream’. Okeee! Saya mulai rajin ngecekin Billboard dan chart-chart manapun yg update. Dan saya juga ‘dipaksa’ buat update ttg event dan gigs-gigs apa aja yg ada di Bandung. Tapi tetep ya, namanya hati mah, ya saya balik-balik lagi ke musik & lagu alternative dengerinnya. Sampe bawain program khusus rock dan indie di radio itu. My pride, guys! :’)

Tapi saya masih kalah ‘hipster’ dengan orang-orang baru yg saya kenal. Mereka emang udah lama malang-melintang dan paham dengan tetekbengek band-band semodel yg saya senangi. Iyes, they are SAL! SAL lagi, SAL lagi. Haha. Tapi mereka membuka wawasan musik saya loh. Referensi band-band indie, terutama luar negeri, saya tau dari mereka. Dari mana saya tau CHVRCHES, HAIM, Taking Back Sunday, sampe akhirnya saya menemukan band substitusi Paramore semacam We Are The In Crowd? Dari mana saya tau Pitchfork walaupun awalnya saya di’aduh kamu gimana sih’in sama masnya? Mereka, gaes! Mereka satu kesatuan. Ya dari personil, ya dari kru. Pokoknya friend circle mereka.

Pemisalan sederhananya kaya pas saya KKN deh. Dari 18 orang termasuk saya, yg bisa ikut kompor comfort dengerin playlist saya siapa? Ngga ada. Cuma beberapa orang yg tau beberapa band yg ada di playlist ponsel saya. Itupun yg tau band-band di playlist saya cuma tau beberapa lagunya aja yg hits.

Kerasa susah itu kalo pas mau karaoke. Bukan, bukan saya ngga menikmati & ngga tau lagu-lagu yg mereka nyanyiin. Cuma giliran saya yg nyanyi, yg tau saya doang. Gimana sih perasaannya? Awkward kan? Kalo ngga ngambil giliran sayang udah ikutan bayar. Raisa, vroh :”)

Bukan berarti orang-orang semodel saya ini sedikit. Engga kok, banyak. Cuma…mungkin saya aja yg belum menemukan mereka dan mereka yang sulit ditemukan. Kalo udah waktunya nanti juga pasti bisa diketemukan kok. Kayak jodoh ya :”)

Udah ah. Saya mau galau nentuin undertone saya lagi gegara salah pilih warna lipstik terus…

2 comments

Leave a Reply

