Sepele?

Pernah tidak kamu berpikir bahwa apa yang sepele bagimu bisa saja sangat berharga buat orang lain?

Yah begitulah. Dunia seringkali egosentris. Kalimat “Kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi” toh akhirnya menjadi sejarah pepatah. Ya, era ini rasanya sedikit sekali orang yang masih mendengar bahkan mengaplikasikan kalimat itu. Kalimat yang selalu digunakan jadi senjata untuk penyalahan pada setiap oknum pemerintahan yang menyeleweng, terutama soal uang dan anggaran.

Era ini, bahkan nilai yang dianut seorang Annisa/Anska/Tika/siapapun-itu pun bergeser. Saya sendiri bingung kenapa bisa bergeser. Sepertinya lingkungan adalah trigger utama. Rasanya, nilai-nilai yang dicekoki pada saya zaman belajar PPKn di sekolah dulu kebanyakan hanya menjadi sebuah omong dan teori kosong. Saya bahkan tidak tahu apakah adik-adik sekarang masih mendapatkan pelajaran itu. Mengenai simpati, empati, tanggung jawab, dsb.

(source: agan siralo, kaskus)

(source: agan siralo, kaskus)

Kembali lagi, pernah tidak kamu berpikir bahwa apa yang sepele bagimu bisa saja sangat berharga buat orang lain?

Katakanlah uang. Oh! Contoh lebih mudah lagi sederhana adalah waktu. Era ini, rasanya menyediakan waktu barang satu, dua, lima, tiga puluh, enam puluh menit susahnyaaaaa seperti memotong lembaran plastik dengan gunting plastik. Pfft. Sekedar membalas pesan, misalnya. Ditundanya bisa berhari-hari. Mungkin pesan itu sepele bagimu, padahal pernah tidak kamu berpikir bahwa pesan itu penting bagi yang mengirimnya? Atau jangan-jangan malah tidak dibaca dan keburu tenggelam tertimpa oleh pesan-pesanmu yang lain.

Bahkan setelah Tuhan memberikan kemampuan kepada manusia dalam penciptaan smartphone yang tujuannya untuk mempermudah banyak hal, manusia masih saja bisa mempersulitnya.

Empati dan tanggung jawab. Kok rasanya sekarang sulit sekali ya menemui manusia yang masih bisa berpegang pada dua hal ini? Sebegitu “reckless”-kah kita sekarang? Sebegitu tumpulkah hati kita sekarang?

Lagi stres nungguin kepastian dari banyak pihak,

annskaa

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s