The Unemployed Business

Jadi dua hari kemarin lagi ada jobfair di GBK Senayan. Tagline-nya “The 1st Indonesia Spectacular Job”. Iya, bener. Jobfairnya gede. Perusahaan-perusahaannya pun kece-kece dan perusahaan-perusahaan besar. Saya rasa semua yg lagi nyari pekerjaan pasti tertarik. Apalagi fresh graduate kaya saya. Walaupun tiket masuknya terhitung mahal, toh tetep aja banyak BANGET yg dateng ke jobfair ini.

Tujuannya satu. Mendapatkan pekerjaan.

Beberapa berharap pekerjaan pertamanya, beberapa berharap pekerjaan baru dengan penghidupan yg lebih baik. Jadi kalo selama ngantri kemaren banyak curi dengar mereka-mereka yg udah fasih banget ngomongin ranah pekerjaan, ya jangan heran. Mereka pasti yg udah kerja. Hehe.

Nggak. Nggak salah. Namanya rejeki orang. Allah yg atur kok. Kita manusia mah usaha dan doa aja. Ikhtiar semaksimal mungkin. Mencoba dan mengusahakan segala kemungkinan. Siapa tau salah satu, salah dua, atau salah tiganya diridhoi Allah. Siapa yg tau jalan dan usaha dan doa yg mana bukan?

Sayangnya, event sebesar ini kurang difasilitasi dengan baik. Buat saya pribadi, boro-boro mikir mau ngedrop CV ke booth perusahaan yg mana, buat jalan aja udah susah banget. Panas, desek-desekan, dorong-dorongan. Akhirnya saya ngerasain rasanya temen-temen yg dapet BLT/BLSM/whatever-it-called yg suka ada di berita. Mungkin situasinya kurang lebih sama. Rusuh? Engga sih. Tapi buat saya ngga nyaman aja. Yg ada saya pengen cepet-cepet keluar dan pulang. Yah, mungkin rejeki saya belum di jobfair kemarin.

Pas masuk, saya ngeliat ada tumpukan tiket masuk yg udah diisi nama dan data diri. Ada kali 2000 lembar. Mungkin lebih. Saya malah jadi mikir, “Gila, kaya ginian malah dijadiin bisnis kali ya.” Ngambil keuntungan dari yg kesusahan? Mungkin. Saya ngga mau suuzhon sih. Tapi kalau dipikir dan dikalkulasi secara logis, dalam sehari panitia kemarin mungkin bisa ngumpulin 10 juta 100 juta, HANYA dari tiket masuk.

Sedih sih. Saya berasa dimanfaatin. Hahaha. Ibaratnya saya naro harapan, eh tapi ya…begitu. Kalo ada yg datang mungkin tau situasinya kaya apa. Ironis aja. Kami, “job-seeker” yg lagi setengah mati nyari pekerjaan, dan bahkan udah terancam dapet pemutusan uang transferan tapi belum bisa dapet pemasukan sendiri, jadi posisi lemah yg yah…dijadikan peluang buat beberapa orang.

Saya salut sih sama kejelian mereka. Terlepas dari pada akhirnya “kami” dijadikan objek bisnis, mudah-mudahan niat mereka memang untuk membantu dan menolong.

Namanya hati, siapa yang tau?

Manusia semua loh itu (pic by: Syahona)

Manusia semua loh itu (pic by: Syahona)

Leave a Reply

