Chemistry, in Psychological Way

Ini bukan tentang mata pelajaran jaman SMA yg bikin pusing. Ini bukan tentang kumpulan rumus-rumus untuk mencari mol sebuah zat. Bukan pula tentang hubungan antara sebuah unsur dengan unsur yg lain sehingga membentuk sebuah senyawa sempurna.

Ini tentang ikatan.

Kalo kata orang-orang Oxford: The complex emotional or psychological interaction between people.

Kalo bicara soal keyword, kayaknya keseluruhan definisi di atas adalah keyword ya. Hahaha. tapi gimana kalo kita berfokus sama dua kata aja? “Complex” dan “interaction”.

Nggak usah dijelasin juga kayanya semua udah tau ya apa arti dari dua kata penting di atas. Jadi chemistry ini adalah soal interaksi dan kompleksitas. But somehow, dalam kenyataan dan prakteknya chemistry ini nggak pernah jauh dari kompatibilitas. Bahasanya ribet? Hahaha. Intinya mah tentang kecocokan gitu. Chemistry ini juga seringkali dijadikan alasan (atau kambing hitam) atas hubungan dua-atau-lebih orang yg nggak berjalan mulus. Mungkin, ini adalah sebab dari si kompleksitas-nya itu sendiri.

Chemistry yg timbul antara dua-atau-lebih orang ini sebenernya nggak jauh beda dengan hal-hal lain. It’s basically only about whether it suits you or not. Apakah orang itu cocok sama kita? Apakah kita cocok sama orang itu? Apa yg bikin kita cocok atau nggak cocok? Kok bisa? Udah kaya identifikasi masalah skripsi ae nih. Hahaha.

Banyaklah ya faktor yg mempengaruhi kecocokan orang antara satu dengan yg lain. Kalo buat gue pribadi sih lebih ke soal obrolan. Pernah kan ketemu orang yg nggak asik, nggak nyambung, dan nggak enak aja gitu diajak ngobrol? Pernah. Pasti pernah. Nggak mungkin nggak pernah. Biasanya kalo udah ketemu sama orang yg kaya gini auranya langsung awkward terus ngejadiin ponsel sebagai pelarian. Berterima kasihlah kita pada Allah yg nyiptain manusia-manusia pencipta ponsel dan segala tetekbengek pelengkapnya.

Jadi kalo ketemu orang yg somehow emang nggak cocok dan nggak pas dan “nggak ada chemistry”-nya sama kita, ya mungkin emang karena sesederhana they don’t suit you. Nggak selalu soal apakah kamu salah atau benar.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s