Bercanda Kebablasan

Pernah?

Sering.

Ya saya, kamu, kita. Semua pasti pernah bercanda. Persoalannya adalah ketika seringkali kita tanpa sadar (atau mungkin sadar tapi pura-pura nggak sadar which is nggak mau tau dan nggak peduli) bikin orang lain tersinggung.

Sejak ada kosakata “baper” kayaknya era ini orang ngga punya hak lagi untuk tersinggung. Ini pernah disampaikan oleh salah satu akun sosial media, saya lupa yg mana tapi. Seolah-olah ketersinggungan orang itu terjadi karena dia terlalu sensitif. Padahal semua hal ada batasnya. Saya yakin, begitupun dalam bercanda.

Dusta walau bercanda aja dosa, apalagi bercanda sampai bikin orang lain tersinggung? Parahnya, sekarang kalo ada yg tersinggung karena candaan seseorang, si orang yg bercanda akan dengan enak aja lepas tanggung jawab dengan bilang “yaelah baper amat sih lo” dan seolah permasalahan selesai. Boro-boro minta maaf.

Segitu tumpul hatikah kita saat ini?

Satu lagi yg saya paling nggak suka tentang bercanda kebablasan: orang nggak kenal. Bukan rahasia umum sekarang komunitas terbangun dari dunia maya. Ngerumpi join groupchat dulu, dan merasa seolah sudah sangat saling kenal hingga punya hak untuk bercanda yg seringkali melampaui batas. Kalo yg dibercandain tersinggung ya tinggal pake magic phrase di atas, “yaelah baper amat sih lo“. Dan selesai.

Gini…orang bisa punya karakter dan pemahaman berbeda ketika bicara di chat. Lain halnya kalo kita ngobrol langsung, tatap muka, mendengarkan intonasi suara tiap kata, artikulasi, penekanan, power bicara, sampai bahasa tubuh sehingga informasi yg didapat utuh dan kemungkinan salah pemaknaan oleh komunikan lebih kecil. Kalo kita udah pernah ketemu, ngobrol barang 15-30 menit kemudian di groupchat mau pabecandaan, silakan. Karena paling tidak sudah tau 70% karakter orangnya kaya apa. Nah kalo belom pernah ketemu?

Jangan sok asik deh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s