Month: November 2017

Kokang Batang, Dadakan Demi Zat Kimia

Enggak deng, gue nggak tau beneran demi Zat Kimia atau engga. Hahaha. Ya karena ini bukan berita, suka-suka gue beropinilah ya. Soalnya waktunya emang deket sama jadwal mereka manggung di Bandung. Kali kan, disekalianin. Udah gitu publikasi acara ini cuma 4 hari. Empat hari! *cari pembenaran* Iya, iya maapin nggak sempet ngobrol sama mereka. Hvft.

The gig was a week ago yet here I am writing this. Monmaap banget nggak sempet mulu. Kelar acara keburu tepar karena baru kelar jam setengah 1, Jumatnya bobo cepet mau ke Bandung Sabtu pagi. Sebenernya apapun alasan gue nggak matter juga sih. Ya da gue mah nggak pernah matter sih :”) #malahbaper

Acara Kokang Batang diadain Kamis minggu lalu (2/11) di Rossi, deket kosan. Jalan kaki. Lima langkah. Dari rumah. Malah lagu dangdut. Hahaha. Nggak deng, jalan kaki lima menit. Awalnya gue nggak mau dateng kalo di Rossi lantai 1. Gila sih itu ruangan pengap bet. Kayanya kalo dipake jemur baju di dalem baru 3 jam juga udah kering kali. Tapi setelah dapet info bahwa acaranya di hall lantai 4, baru gue mau datang. Soalnya ruangannya gede dan ada AC-nya. Nice!

Apakah motivasi utama gue adalah Zat Kimia? Nggak juga sih, lebih ke Polka Wars. Oiya, line up Kokang Batang ini ada Flowr Pit, Surkensonik, Rhym, Polka Wars, dan Zat Kimia. Gue penasaran sama Polka Wars karena temen-temen gue banyak yg suka. Gue sempet coba dengerin di Spotify tapi agak gak cocok sama albumnya yg lama. Nah karena mereka baru rilis EP, gue penasaran.

Gue tipe yg harus nonton band-nya langsung dulu baru bisa suka kalo emang cocok. Ya musik mah sama kaya makanan kan, semua soal selera dan preferensi.

Gue jalan dari kosan jam 20:50 dan buru-buru sampe ngos-ngosan. Menurut rundown yg gue liat di instagram, Polka Wars main jam 21:00 dengan band pertama yaitu Flowr Pit di jam 19:30. Kenyataannya? Flowr Pit baru mulai main pas gue sampe. Ya lord, rasanya gue pengen pulang lagi tidur dulu.

Akhirnya Polka Wars main jam 23:00. Asleeeee mata gue udah kreyep-kreyep banget. Untung naksir sama vokalisnya (gue belom tau namanya siapa sampai saat ini *lol*). Kelar Polka Wars, band yg ditunggu sejuta  umat (nggak deng, penontonnya juga berapa paling gocap++) main. Yes, Zat Kimia! Apakah gue menikmati? Dengan kondisi nahan ngantuk, gue lebih milih duduk di belakang deket babang soundman. They’re good actually, hanya saja mainnya kemaleman jadi gue nggak menikmati karena nahan ngantuk. Padahal mereka jauh-jauh dari Bali, kapan lagi ke Jakarta, jarang-jarang. Sedih…

Overall, gue bersyukur sih menyempatkan diri buat datang ke Kokang Batang ini. Walaupun judul acaranya rada saru, tapi band-band-nya alhamdulillah cocok sama telinga gue. Yang sampai saat ini udah gue masukin playlist baru Polka Wars sih. Suka banget sama Rangkum! Kayaknya telinga gue mulai jenuh sama lirik Bahasa Inggris. Ehtapi Zat Kimia gue beli albumnya kok, cuma masih adjusting buat bisa masuk playlist aja.

Anyway, packaging album Zat Kimia lucu banget! Gemash!

Advertisements

Bahasa dan Typo

Some people chose to write and speak in English than Bahasa Indonesia. Some people do this because they think they’re cooler when they do. Just like what I’m doing while typing this paragraph. But it’s all gone when you mistype the words, or it’s called typo nowadays.

Nggak kok, nggak salah sama sekali. Menurut gue suka-suka lo aja mau ngomong pake bahasa apa selama yg lo ajak ngomong nyambung dan mudeng. Mau pake Bahasa Mandarin juga kalo yg lo ajak ngomong ngerti mah silakan aja. Kalau konteksnya ngomong atau bicara…pake mulut.

Hal yang akhir-akhir ini sering gue temukan adalah tulisan. Nggak usah serumit tulisan sepanjang feature atau artikel sih, sesederhana caption medsos aja. Sebenernya sama aja kayak ngomong, suka-suka lo aja mau nulis dalam bahasa apa. Malah lebih bebas karena pembaca caption lo bisa dari kalangan mana aja. Lo nulis pake bahasa dan aksara Yunani kuno juga kalo pas yg baca ada yg ngerti ya ngerti aja, kalo yg nggak ngerti, ya paling postingan lo sekedar di-selewat scroll.

Cuma gue gemes aja kalo ada yg nulis dalam Bahasa Inggris terus typo. Bukan apa-apa sih, untuk sesuatu  yg ingin dipublikasikan, menurut gue mah harusnya dicek dulu kali ya. Bahasa Inggris tuh bahasa kedua kita kan. Yakin. Dari jaman TK atau pre-school alias PAUD juga nih bahasa kayaknya udah diajarin biar kita akrab. Tapi toh ternyata seakrab-akrabnya kita, masih ada aja yg salah tulis. Kekurangan vocabulary? Dude, it’s not even a reasonable reason in this era. Tinggal buka google translate, lo bisa cek apa padanan kata yg kira-kira bisa dipake dan gimana penulisannya. Bingung grammar? Google it and you can find zillions of websites which provides you a lecture about grammar. Nggak zillions sih mungkin, gue lebay aja.

Balik lagi, it’s a matter of mau atau nggak mau. Tuh, gue jadi nulis dicampur. Hahaha. What you write and post and show on your social media affects your branding. Percaya deh. Kalo gue ya, kalo gue, malu aja gitu udah (sok-sokan) nulis pake bahasa asing taunya salah. Mending pake Bahasa Indonesia ajalah kalo lieur mah, meh teu ngerakeun.

Yang bikin gue sedih, seringkali typo yg gue liat adalah kata-kata sederhana yg harusnya tiap hari diomongin, didengar, dibaca. The most common mistake I found: coffee. Ada yg nulis cofee, coffe. Another common mistake I found: disappointed. Ada yg nulis dissapointed, disapointed. Seringnya sih emang terjadi di kata-kata dengan huruf ganda. Suka lupa mana yg double. Tricky ya? Nggak apa-apa, mungkin baru belajar. Mungkin.

Ya pokoknya mah selalu double check apapun yg mau di-post di medsos ya! Baik caption, foto, atau malah berita dan infografis. Capek baca info-info ndak penting nan provokatif dan ternyata hoax 😀